Daftar Artikel Menarik

6 Cara Manfaatkan Sosial Media Untuk Cari Kerja

Diposting oleh Sandi Asyuri on Rabu, 21 Januari 2015

6 Cara Manfaatkan Sosial Media Untuk Cari Kerja

6 Cara Manfaatkan Sosial Media Untuk Cari Kerja - Bila Anda tengah mencari atau mau bertukar pekerjaan, media sosial juga adalah tempat yang pas untuk temukan pekerjaan yang di idamkan. Karenanya, banyak ahli memiliki pendapat bahwa media sosial bisa jadi senjata, yang bakal bikin beberapa perusahaan memusatkan perhatiannya pada Anda. Tetapi, di waktu yang berbarengan, media sosial dapat juga menggelincirkan serta malah menghindari Anda dari pekerjaan yang di idamkan.

Jadi, bagaimana caranya memaksimalkan media sosial Anda untuk beroleh pekerjaan? Berikut enam panduan yang diberikan oleh Brad Schepp, penulis How To Find A Job On LinkedIn, Facebook, Twitter and Google+.


Bangun profil yang menjual 

Bangun profil dengan cara profesional, yang bisa jual diri Anda. Umpamanya, catat kisah pekerjaan ddan pendidikan, yang bakal mempermudah beberapa pencari kerja untuk tahu apa sajakah yang sudah Anda kerjakan sampai kini. LinkedIn yaitu tempat yang paling pas untuk lakukan itu seluruhnya, namun Anda juga dapat mengerjakannya lewat Facebook, Twitter, maupun Google+. Profil yang Anda bangun bakal memperkuat posisi Anda, tentang apa sajakah yang sudah Anda raih. Janganlah lupa untuk menunjukkan kemampuan serta ketrampilan, dan apa yang dapat Anda menawarkan untuk perusahaan.

Berhimpun dengan jaringan 

Jaringan yaitu hal yang utama dalam pencarian kerja. Janganlah lupa untuk berhimpun dengan grup yang sesuai sama ketrampilan Anda. Salah satu langkahnya yaitu dengan memakai LinkedIn. Lewat media sosial ini, Anda dapat temukan group yang sesuai sama ketrampilan Anda. Ikuti group yang tampak aktif serta penuh semangat, lantas perkenalkan diri Anda disana. Bangun sendiri dunia sosial Anda didunia maya lewat cara sediakan content yang bermanfaat untuk jaringan Anda.


Schepp mereferensikan Anda untuk berhimpun dengan account Twitter maupun LinkedIn perusahaan-perusahaan yang termasuk juga dalam ranah Anda. Dengan berhimpun ke account media sosial mereka, Anda bakal memperoleh info teranyar tentang perekrutan, pengembangan product, serta kabar-kabar yang lain yang bakal untungkan Anda. Bila Anda cuma mempunyai Facebook, jadi janganlah lupa untuk menghimpit tombol “Like” atau “Suka” dari perusahaan yang Anda senangi serta bertindak aktiflah dalam ikuti pembicaraan tentang trend industri yang ada.


Buat diri Anda terkenal 

Langkahnya, dengan menolong orang lain dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan, mengenalkan diri, serta memberi tautan ke konten-konten yang provokatif. Buat diri Anda jadi tempat yang bakal mereka menuju saat mereka memerlukan jawaban maupun nasehat. Jawablah pertanyaan dengan cara teratur di kanal-kanal media sosial yang Anda punyai, lantaran sebenarnya Anda tengah bangun kerajaan punya Anda di ranah media sosial.


Dapatkan pekerjaan 

Banyak situs diluar sana yang sediakan jutaan lowongan untuk beberapa pencari kerja seperti Anda. Faedah hal semacam ini untuk temukan pekerjaan yang pas untuk diri Anda. Janganlah lupa untuk tingkatkan peluang Anda dengan mencari pekerjaan lewat jaringan di Twitter, Facebook, maupun LinkedIn Grups.


Janganlah meminta pekerjaan 

Walau Anda tengah memerlukan pekerjaan, namun sebisa mungkin saja jangan sempat Anda tampak meminta-minta pekerjaan pada orang lain. Buat jaringan dengan beberapa orang yang pas serta biarlah mereka lihat sendiri bagaimanakah kepandaian Anda, serta bahwa Anda yaitu orang yang pas untuk bekerja dengan mereka. Langkahnya, buat status yang relevan dengan ketrampilan Anda dengan cara teratur, seperti membagikan info pada group yang Anda ikuti, atau membagikan beberapa hal menarik dari buku ataupun artikel yang barusan Anda baca.


Susun rencana 

Utama untuk mengambil keputusan dalam pikiran, bahwa Anda tengah memakai website spesifik juga sebagai sisi untuk mencari pekerjaan. Dengan kata lain, Anda mesti berencana baik-baik kapan waktunya untuk bikin profil yang menjanjikan tentang diri Anda, kapan saat untuk ikuti group serta aktif di dalamnya, dan kapan Anda bakal ikuti account media sosial perusahaan spesifik. Intinya yaitu, janganlah lakukan beberapa hal sekalian dalam satu hari. Susun gagasan dengan cara systematis atas beberapa hal yang bakal Anda kerjakan. Bila tak, Anda bakal kehabisan saat lantaran ketidakteraturan Anda.
Share this :