Daftar Artikel Menarik

MENGENAL LEBIH JAUH MAHASISWA PENEMU ADANYA AIR DI MARS (Lujendra Ojha)

Diposting oleh Sandi Asyuri on Jumat, 20 November 2015


Lujendra Ojha (Www.billboard.Com)

Pria kebangsaan nepal yang memilki nama lengkap Lujendra Ojha mendadak menjadi populer lantaran sebuah penelitiannya tentang planet mars mampu menghebohkan dunia. Mahasiswa jenius ini berhasil menemukan adanya tanda-tanda air yang mengalir di planet Mars.

Tepatnya sekitar 5 tahun yang lalu Lujendra Ojha sudah memulai penelitianya tentang Planet Mars, pria yang akrab ini di sapa luju ini memulai penelitiannya semenjak dia pindah ke negeri paman Sam, Amerika serikat untuk meneruskan pendidikan doktoral di jurusan ilmu antariksa di Institut Teknologi Georgia.

Perlahan namun pasti penelitian yang dilakukan olehnya membuahkan hasil, di dalam sebuah penelitian mandiri pria berusia 25 tahun ini behasil menemukan adanya tanda-tanda kehidupan di planet merah tersebut. Dan secara kebetulan juga dia berhasil menemukan sebuah sumber kehidupan ,yaitu adanya aliran air.

"Saya secara kebetulan menemukan peluang terbesar dalam hidup saya. Hasil dari penelitian terbaru ini adalah terlihatnya permukaan lapisan yang menunjukkan perbedaan warna. Kami melihat adanya cahaya yang nampak dan cahaya infra merah, berdasarkan perbedaan material yang menyerap cahaya, kita bisa membandingkan data laboratorium dan menyimpulkan material apa yang terkandung di dalam lapisan tersebut," ujar Lujendra seperti dikutip dari BBC News.

Dalam sebuah penelitianya ini, luju melihat adanya keberadaan material garam di planet Mars yang mampu menurunkan titik beku air hingga 80 Derajat Celcius dengan tingkat vaporasi mencapai faktor 10. Dan itu berarti memungkinkan aliran air bisa bertahan lebih lama pada sebuah tebing atau dinding di mars.

Temuan dari penelitian mandiri Lujendra Ojha ini pun, membuat dunia heboh. Banyak pujian yang diterima oleh pria berjenggot ini dari berbagai sosial media, yang mengucapkan selamat atas keberhasilan penelitiannya. Bahkan salah satu ucapan selamat dan pujian datang dari senator Amerika Serikat, John McCain.


"Congrats to @UofA grad Lujendra Ojha who first apotted evidence of water on #Mars as undergrad in #Tucson - #Arizona is very proud! #NASA," begitu tulis John McCain di akun Twitter-nya.

sumber : dream.co.id
Share this :