Daftar Artikel Menarik

DAFTAR 5 KELUARGA TERKAYA DARI INDONESIA TAHUN 2015

Diposting oleh Sandi Asyuri on Jumat, 20 November 2015

Menjadi seorang yang kaya raya atau terlahir di keluarga konglomerat memang menjadi suatu anugerah yang tidak bisa dimilki oleh semua orang. Mereka tidak perlu merasakan hidup susah dan bekerja keras untuk bisa menggapai apa yang di inginkan, Enaknya terlahir di dalam keluarga yang kaya raya kita bisa memilki apa saja yang kita inginkan dengan mudah. Mau jalan-jalan ke luar negeri, menjalani pendidikan di sekolah atau universitas elit kelas dunia dan lain-lain.

Namun walaupun begitu mereka harus tetapmemutar otak untuk meneruskan bisnis keluarga dan menjaga kekayaan yang telah diraih oleh orang tuanya. Bukan perkara mudah untuk mepertahankan semua kekayaan tersebut, Ketika anda menjadi seorang konglomerat terkenal, maka semua pandangan dan media massa akan menyoroti setiap langkah yang anda lakukan.

Tapi Rupanya tidak hanya di luar negeri, keluarga konglomerat juga banyak tersebar di tanah air. Uniknya, mereka bukanlah pengusaha di sektor besar, tapi bisa membesarkan sektor kecil. Mereka dari 'pedagang' rokok hingga 'penjual' mie instan, tapi bisnisnya mampu meraup laba yang tidak sedikit dan kekayaannya kini bisa diturunkan untuk generasi-generasi selanjutnya.

Nah berikut ini aka nada daftar 5 keluarga terkaya dari Indonesia di tahun 2015, check it out!!!

5 KELUARGA TERKAYA DARI INDONESIA

1.KELUARGA HARTONO


Kita mulai dari keluarga hartono yang menempati 12 keluarga terkaya se-benua Asia. Keluarga hartono adalah pemilik salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, PT.Djarum. Kekayaan keluarga hartono ditaksir mencapai US$ 12,7 milliar  atau sekitar Rp. 165 triliun pada tahun 2015.

Dan Kini bisnis rokok keluarga Hartono dipegang oleh R Budi Hartono, Michael Hartono, dan Oei Hong Leong. Sementara COO PT.Djarum dipegang oleh anak tertua Robert Budi ,Victor Hartono. Tidak sampai disitu saja bahkan saat ini keluarga hartono menjadi pemegang saham sebesar 47 % Bank swasta terbesar di Indonesia, Bank Central Asia melalui Farindo Investment.

2.KELUARGA WIDJAJA


Bisnis keluarga terkaya urutan 28 se-Asia ini di mulai dari pindahnya Eka Tjipta Wijaya pindah dari china ke Indonesia, Widjaja muda sudah mulai berdagang di Indonesia sejak umurnya masih 17 tahun sebagai pedagang biskuit. Dan kemudian mulai membangun Sinarmas pada 1962.

Keluarga Widjaja memiliki kekayaan yang ditaksir mencapai US$ 5,7 milliar atau sekitar 75 triliun. Dan sekarang keluarga ini menjadi konglomerat di Indonesia, Berbagai bisnis di segala macam bidang mereka jalani, dari sektor kertas, pertanian dan makanan, pengembang real estate, keuangan, energi dan infrastruktur, serta terelkomunikasi. Sebagian besar bisnis keluarga Widjaja dijalani oleh anak laki-lakinya yang bernama Franky Widjaja.

3.KELUARGA LOHIA


Tidak semua keluarga konglomerat berasal dari keturunan china, ada juga keluarga Lohia yang merupakan keluarga keturunan India. Keluarga terkaya urutan 31 se-Asia ini memilki kekayaan mencapai US$ 5,4 millar atau Rp.70,2 triluin pada tahun 2015. Bisnis keluarga Lohia sendiri berawal ketika Mohan lol Lohia seorang pedagang kain bersama anaknya Sri Prakash Lohia hijrah ke indonesiapada tahun 1973 dan mendirikan sebuah perusahaan bernama Indorama Synthetics.

Demi mengembangkan usahanya, keluarga ini melakukan diversifikasi produk dan masuk ke sektor petrochemicals. Dan saat usianya menginjak 60 tahun Mohan memutuskan untuk berhenti dari sehgala bisnisnya, namun ke 3 anak laki-lakinya sudah siap melanjutkan bisnisnya tersebut.

4.KELUARGA WONOWIDJOJO


Masih di daftar 5 keluarga terkaya dari Indonesia ,di urutan ke-4 ada keluarga Wonowidjojo. Dan lagi-lagi keluarga terkaya di Indonesia ini datang dari bidang bisnis dan perusahaan rokok. Keluarga pemilik perusahaan rokok gudang garam ini menduduki peringkat 32 daftar orang terkaya di dunia se-Asia, dengan kekayaan mencapai 4,9 milliar atau sekitar 64 triliun.

Kekayaan klan wonowidjojo ini berawal dari hijrahnya di tahun 1927. Surya mulai melanjutkan bisnis tembakau pamannya, dan menciptakan rokok cengkeh atau kretek buatan Gudang Garam pada 1958. Anak laki-laki tertuanya, Rachman Halim mengambil alih perusahaannya . Kemudian, setelah Rachman meninggal pada tahun 2008, perusahaan dipegang oleh adikan Susilo Wonowidjojo dan menjadi penghasil rokok kretek terbesar di Indonesia.

5.KELUARGA SALIM


Kekayaan keluarga salim ditaksir pada tahun 2015 ini sebesar US$ 4,1 milliar atau Rp.53 triliun, dan menjadikan mereka sebagai keluarga terkaya urutan ke-37 seAsia versi Forbes. Keluarga salim adalah pemilik perusahaan besar bernama Salim Grup, yang bergerak di sektor makanan, tanaman, otomotif, telekomunikasi, properti, retail, dan bank.

Ayahnya, Liem Sioe Liong, migrasi ke Indonesia pada tahun 1983 dari Fujian, China, dan memulai bisnisnya dengan menjual pakaian dari pintu ke pintu. Liem bertemu Soeharto sebelum Soeharto menjadi Presiden RI. Mereka menjalin hubungan yang saling menguntungkan bertahun-tahun.

Ketika Soeharto turun pada tahun 1998, menggoyahkan kerajaan Salim. Namun, mereka bertahan dan membangun kembali perusahaan. Kini, anak Anthoni, Axton memimpin Indofood Sukses Makmur, perusahaan mie instan terbesar di dunia.


Demikian adalah 5 keluarga terkaya dari Indonesia pada tahun ini, semoga artikel ini selain menambah wawasan kita juga dapat memotivasi dan menjadi inspriasi kita untuk sukses, dan dari 5 keluarga ini tidak ada yang berasal dari keluarga kerajaan atau pejabat, Mereka hanyalah orang biasa yang rajin bekerja,ulet dan pintar melihat peluang.. 
Share this :