Daftar Artikel Menarik

5 Mesjid Megah yang Berdiri di Negara Non-Muslim

Diposting oleh Sandi Asyuri on Sabtu, 31 Januari 2015

5 Mesjid Megah yang Berdiri di Negara Non-Muslim - Kehadiran masjid dengan arsitektur yang megah ternyata bukan sekedar bisa ditemui di negara-negara dengan masyarakat sebagian besar Islam saja. Negara non muslim yang notabene mempunyai masyarakat beragama Islam minoritas juga mempunyai bangunan megah yang berperan juga sebagai tempat beribadah umat Islam ini. Masjid-masjid di bawah ini walau megah tetapi ada di negara yang sebagian besar penduduknya yaitu non muslim. Inilah masjid-masjid dengan arsitektur megah yang berdiri tegak di negara-negara non muslim.

1. Masjid Sehitlik – Jerman 

5 Mesjid Megah yang Berdiri di Negara Non-Muslim


Di daerah Tempelhof, Berlin ada sebuah masjid yang merefleksikan keagungan arsitektur Islam di Jerman. Suatu masjid Turki bergaya arsitektur Usmaniyah classic Masjid Sehitlik mempunyai kubah besar sebagai ciri khasnya.

Masjid Sehitlik di bangun di ruang seluas 1. 360 meter persegi yang terbagi dalam lantai basic untuk salat jamaah wanita. lantai satu untuk ruangan salat paling utama, lantai dasar dipakai untuk ruangan makan jamaah, serta lantai dua dipakai untuk ruangan salah penambahan.
Nama asli dari Masjid Sehitlik ini yaitu Berlin Turk Sehitlik Camii yang di bangun pada athun 1983. Sehit sendiri mempunyai makna syahid, pengambilan nama ini ditujukan untuk kembali kenang tentara Turki yang gugur dalam Perang Dunia I serta dimakamkan juga di ruang itu.

2. Camii Mosque – Jepang 

5 Mesjid Megah yang Berdiri di Negara Non-Muslim


Jepang yaitu negara yang sebagian besar penduduknya memeluk keyakinan Shinto. Tetapi siapa sangka di dalam kota Tokyo ada suatu masjid megah yang berdiri tegak. Seperti masjid-masjid di negara non muslim umumnya mempunyai arsitektur style Turki. Masjid yang terbagi dalam tiga lantai ini juga dipenuhi dengan ukiran kaligrafi di dindingnya.

Masjid yang ada di Tokyo ini di kenal dengan nama Camii Mosque. Tempatnya ada di dekat stasiun kereta Yoyogi Uehara. Lantaran masjid ini cuma hanya satu yang ada di kota itu jadi jamaah yang datang untuk melaksanakan ibadah datang dari beragam negara yang tengah bertandang kesana.

3. Masjid Kul Sharif – Rusia 

5 Mesjid Megah yang Berdiri di Negara Non-Muslim


Bangunan masjid yang ada di Rusia ini mempunyai arsitektur yang tidak kalah cantik dengan bangunan-bangunan lain yang ada di negara itu. Walau Rusia tidaklah negara Islam tetapi kenyataannya negara itu mempunyai masjid yang megah di Kazan serta membuatnya masjid paling besar di Rusia.
Arsitektur bangunan masjid ini di desain oleh beberapa arsitek Rusia, I. Sayfullin serta S. Shakurov sesaat sisi interiornya didesain oleh A. Sattarov. Warna putih serta gradasi warna biru menguasai semua bangunan hingga bikin siapapun yang melaksanakan ibadah di dalamnya bakal terasa nyaman.

4. Masjid Islamic Center of America – Amerika Serikat 

5 Mesjid Megah yang Berdiri di Negara Non-Muslim


Amerika Serikat yang notabene anti pati pada agama Islam kenyataannya juga mempunyai masjid yang megah. Masjid ini di bangun di lokasi Islamic Center of America (ICoA). Pembangunannya tak tanggung-tanggung dengan memakai tempat seluas 21. 000 mtr. persegi. Keren!

Dari mulai luar sampai sisi dalam masjid seluruhnya tampak terlihat megah. Sisi luar tampak kubah berwarna kuning serta dua menara tinggi di sebelahnya. Sisi dalam masjid dihiasi lampu kristal serta kaligrafi yang indah. Salat didalam masjid ini bakal jadi semakin khusyuk.

5. Masjid di Chinese Hui Culture Museum and Park – Tiongkok 

5 Mesjid Megah yang Berdiri di Negara Non-Muslim


Bila berkunjung ke Kota Yinchuan, Tiongkok, kalian bakal menemukan kembaran Taj Mahal disana. Ya, suatu masjid yang ada di Chinese Hui Culture Museum and Park ini memanglah sepintas terlihat seperti Taj Mahal di India.
Kota Yinchuan di Tiongkok memanglah jadi salah satu kota yang penduduknya banyak beragama Islam hingga mencari masjid disana juga tidaklah susah. Masjid di Chinese Hui Culture Museum and Park ini sangatlah megah dengan pilar-pilar besar yang semakin menunjukkan kekokohannya. Dibagian kubah masjid juga dihiasi ukiran kaligrafi yang indah.
Share this :