Daftar Artikel Menarik

5 Letusan Gunung Paling Dahsyat di Dunia

Diposting oleh Sandi Asyuri on Selasa, 20 Januari 2015

Letusan gunung - Menurut pakar Geologi, Indonesia yaitu negara yang dikelilingi oleh cincin api yang disebut jalur dari gunung berapi.

Letusan gunung Kelud sekian waktu lalu belum seberapa serta ada yang masih tetap dahsyat lagi. Di Indonesia sendiri ada 2 gunung yang masuk dalam catatan majalah Time juga sebagai gunung berapi terdahsyat sedunia.

Berikut gunung berapi di semua dunia yang ledakannya menyebabkan rusaknya yang mengerikan.

1. Gunung Krakatau 

5 Letusan Gunung Paling Dahsyat di Dunia


Gunung Krakatau meletus pada 1883 serta kemampuan ledakannya dapat didengar dari jarak beberapa ribu mil. Bahkan juga batuan yang dilontarkan juga hingga di pulau-pulau kecil di laut Afrika Timur.

Menurut beberapa peneliti letusan Krakatau sebesar 13. 000 kali kemampuan bom atom. Demikian dahsyatnya sampai menyebabkan tsunami besar serta menerjang Pulau Sumatera serta sekitarnya. Pasca letusan, Krakatau turun ke laut, tetapi nampak pulau baru di tempat yang sama pada th. 1927. Sampai saat ini anak Krakatau masih tetap aktif serta kadang-kadang keluarkan letupan kecil.

2. Vesuvius 

5 Letusan Gunung Paling Dahsyat di Dunia


Gunung yang ada di teluk Maples, Italia Selatan ini masih tetap aktif serta terdaftar 30 kali meledak. Letusan dahsyat berlangsung pada th. 78 Masehi serta menyingkirkan kota Pompeiii serta Stabiae.

Letusan lava serta abu tidak tipis berlangsung sepanjang berhari-hari. Tidak ada tandanya apa pun, gunung Vesuvius juga meletus serta bikin beberapa orang lari menyelamatkan diri. Menurut catatan pakar arkeolog terdaftar 1000 orang jadi korban.

3. Tambora 

5 Letusan Gunung Paling Dahsyat di Dunia


Gunung berapi dengan ledakan terdahsyat ke-2 di Indonesia sekalian di semua dunia ini meletus pada th. 1815. Ledakan gunung ini bikin Pulau Sumbawa ada dalam kegelapan.

Efek letusan ini menyebabkan kelaparan, penyakit serta tsunami yang bikin beberapa puluh ribu orang tewas. Ledakan gunung ini adalah paling besar yang pernah dicatat dalam histori. Bahkan juga panas yang menyembur melubangi atmosfir serta merubah iklim dunia, Daerah Amerika serta Utara serta Eropa juga dirundung musim dingin hebat.

4. Mauna Loa 

5 Letusan Gunung Paling Dahsyat di Dunia


Gunung yang ada di Hawaii ini adalah gunung berapi paling besar didunia. Diluar itu gunung ini adalah salah satu dari gunung berapi yang membuat Pulau Hawaii.

Gunung ini terdaftar sudah meletus 33 kali serta paling akhir pada th. 1984. Walau telah tak meletus, tetapi gunung ini masih tetap aktif serta dapat meletus setiap saat.

5. Pinatubo 

5 Letusan Gunung Paling Dahsyat di Dunia


Pada th. 1991 gunung yang ada di pulau Luzon, Filipina ini meletus hebat. Untungnya letusan ini sudah diperkirakan serta beberapa puluh ribu orang mengungsi menyelamatkan jiwanya.

Letusan ini menghancurkan daerah seputar gunung lantaran aliran piroklastik, abu serta lahar. Tidak terbayangkan kalau letusan ini tidak terprediksi, berapakah ribu nyawa yang akan melayang.
Share this :