Daftar Artikel Menarik

Manfaat Mandi Air Dingin

Diposting oleh Mursaid Said on Minggu, 02 Maret 2014

Mandi air hangat itu mainstream bro :v,  Jika anda orang yang anti mainstream , tentunya harus berbedaya gak? , Nah ganti dengan mandi menggunakan air dingin. Karena bukan Cuma sekedar beda, mandi air dingin ternyata mengandung banyak manfaat loh,, (Loh ada manfaat toh, O_O ) , pada gak tau kan ,,, nah saya akan beri tahu manfaat nya

Cekidot è



1.    Membakar Lemak Tubuh
Pengen langsing? Daripada sedot lemak ditubuh, mending mandi dengan air dingin. Karena ternyata ketika air dingin menyentuh tubuh kita, tubuh akan melakukan mekanisme secara otomatis untuk menghasilkan panas agar bisa memerangi rasa dingin. Yaitu dengan membuat metabolisme tubuh bekerja lebih cepat. Artinya, tubuh akan membakar cadangan karbohidrat dan lemak secara lebih cepat untuk membuat kamu merasa hangat. Cihuy kan?

2.    Membuat Otot Lebih Rileks
Ini cocok banget buat kamu yang suka melakukan kegiatan Fisik. Mandi dengan air dingin bisa membuat otot-otot kita jadi lebih rileks. Karena setelah melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan kamu butuh waktu untuk membuat otot-otot kamu menjadi rileks. Nah untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot Anda akan membesar dan mengerut.

3.    Rambut Jadi Lebih Sehat
Punya pengalaman rambut rontok saat keramas? Mungkin ada baiknya kamu mulai mengganti dengan air dingin ketika mandi. Karena ketika dibasuh air dingin, secara otomatis kutikula rambut akan menutup. Tertutupnya kutikula ini membuat rambut tidak mudah rontok saat kamu mencuci rambut. Kombinasi air dingin dan pijatan pada kepala juga akan membuat peredaran darah di kulit kepala semakin lancar sehingga bermanfaat menyehatkan rambut. ( tapi tetep harus keramas ya, jangan enggak -_- )

4.    Peredaran Darah Lancar
Ketika melakukan kontak dengan air dingin, tubuh kita akan mendapatkan “kejutan” yang berakibat melambatnya peredaran darah. Tetapi, dalam waktu yang nyaris bersamaan, mekanisme tubuh justru akan meningkatkan kecepatan peredaran darah, sehingga sirkulasi darah bekerja dengan dorongan ekstra. Akibatnya, peredaran darah menjadi lebih lancar dan efektif mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh. ( Keren gak bahasa ilmiah nya ?? :v )

5.    Wajah Lebih Berkilau Alami
Membasuh wajah menggunakan air dingin bermanfaat mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Berbeda dengan ketika membasuh wajah dengan air hangat, mencuci muka dengan air dingin juga tidak akan melunturkan minyak alami yang bermanfaat menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Karenanya, mereka yang terbiasa membasuh wajah dengan air dingin akan lebih lama terhindari dari kondisi kulit wajah keriput dan kusam. ( berasa dokter kecantikan ^_^ )

6. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat lain dari mandi air dingin setelah olahraga adalah karena air dingin bisa meningkatkan suplai antioksidan yang kuat bernama glutathione pada tubuh. Ini adalah jenis antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari penyakit dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kata lain, kekebalan tubuh Anda akan menguat setelah mandi air dingin.


7.    Mendinginkan Pikiran
Mandi air dingin akan menjadikan pikiran lebih dingin setelah seharian bekerja keras di kota yang panas. Ternyata mandi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan metabolisme, serta mengatur kadar asam urat dalam tubuh. Tentunya ini bisa menghilangkan kepenatan kita setelah bekerja seharian. Mantaaapp ^^

8.    Meningkatkan Semangat \(^^)/
Jangan pernah takut mandi air dingin  di pagi hari. Karena mandi air dingin setelah bangun tidur akan memberikan stimulasi pada saraf-saraf yang lemas lantaran beristirahat semalaman. Akibatnya, mata akan terbuka lebar, pikiran terasa lebih segar, dan kamu akan lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas.


Buat anda yang biasa mandi menggunakan air hangat mungkin akan susah jika langsung menggantinya dengan air dingin. So, ganti aja secara bertahap. Misalnya kita bisa biasakan sedikit demi sedikit mengganti kadar kehangatan yang biasa kamu pakai. Dari yang hangat menjadi tidak terlalu hangat, dan sampai mendekati dingin. Nah, jika udah terbiasa mulailah pelan-pelan menggunakan yang suhunya agak dingin. Dengan begitu, lama kelamaan akan terbiasa kita mandi menggunakan air dingin. Dan tentunya akan mendapatkan banyak manfaat dari air dingin.
Share this :