Daftar Artikel Menarik

Tips Nyetrika yang Jarang Orang Tahu

Diposting oleh Mursaid Said on Sabtu, 22 Februari 2014

Banyak ibu rumah tangga yang mengeluh dengan menyetrika, itulah sebabnya kenapa ibu ibu sering marah marah jika setrikaan menumpuk segunung Jangankan nyetrika,ngeliatnya aja males)

Nyetrika sepintas merupakan pekerjaan sepele, namun banyak orang (termasuk saya) menghindari pekerjaan rumah yang satu ini. Selain menimbulkan hawa panas, sebenarnya tidak mudah menyetrika pakaian hingga licin alami. Namun dengan perlengkapan yang tepat dan pengetahuan yang cukup, menyetrika pasti jadi lebih mudah. 

Berikut beberapa pertanyaan penting seputar menyetrika yang benar, Cekidot ==>



Bisakah blouse berdetail disetrika?
Seperti halnya kemeja, setrika per bagian: kerah, manset, lengan, belakang, kemudian depan. Ruffle dan lipatan dapat disetrika agar lebih rapi. Tekan ujung setrika ke bagian tepi ruffle atau lipatan, tekan sedikit-sedikit ke bagian bawah. Aksen bebatuan atau sulam dapat disetrika dari sisi dalamnya, sambil sampirkan handuk sebagai alas. Jika aksen ini dilem (bukannya dijahit), pastikan Anda tidak menyetrika bagian yang dilem, bahkan bila Anda menyetrika dari sisi dalam.

Apa yang seharusnya tidak disetrika?
Beberapa bahan rentan terhadap gesekan, gosokan, atau panas dan berat dari setrika. Uap-uapkan (steam) tirai, kelambu, atau pelapis duvet, dan dasi sutra. Kain seperti beludru, rajutan, dan bahan campuran yang mengandung bahan sintetis yang mudah melar (spandeks) biasanya perlu diuap. Agar kain tidak jadi mengilap, setrika bahan gelap dari bagian belakang, atau lapisi dengan kain lebih dulu.

Apakah kancing dan pengait lain perlu dilindungi?
Tidak harus, namun menyetrika di atas pengait bisa merusak kain maupun setrika. Panas setrika dapat membuat kancing atau pengait plastik meleleh atau retak. Semua sisi kain yang kasar atau tajam dapat merusak lapisan bawah setrika. Selalu tutup resleting sebelum menyetrika. Pastikan kancing tidak terkait.

Apakah sebagian kain lebih baik disetrika dalam keadaan lembab?
Bahan katun, linen, rayon, dan sutra, perlu dilembabkan saat disetrika. Setrika dengan fitur uap cukup melembabkan. Bila Anda tidak dapat menyetrikanya segera, masukkan bahan (dalam kondisi terlipat) ke dalam lemari es selama sehari.

Bisakah bahan corduroy disetrika?
Sebaiknya diuap. Bila Anad tidak memiliki steamer, setrika bahan dari sisi dalamnya agar lipatan pada kain tidak rusak. Sebelum menyetrika bagian kaki celana dari bahan corduroy, balik celana, lalu selipkan sehelai handuk.

Dapatkah kain yang bernoda atau gosong diperbaiki?
Noda ringan karena panas setrika biasanya dapat diperbaiki. Coba cuci pakaian itu dengan deterjen atau pemutih. Untuk mengurangi efek mengilap karena tekanan setrika, basahi dan peras kain pelapis. Letakkan di atas bagian pakaian yang mengilap. Tekan dengan setrika sampai kain hampir kering.

Apa yang perlu diperhatikan ketika membeli papan setrika?
Bila Anda menggunakan setrika model lama atau tanpa fitur uap, coba papan dengan lapisan kain dari bahan Teflon. Panas yang dihasilkan dari gosokan setrika dan bahan ini akan dapat menghilangkan kerut dengan mudah. Pilihan lainnya, pelapis berbahan silikon yang halus. Untuk setrika berfitur uap, pelapis dari bahan katun adalah yang terbaik. Bahan pelapis papan setrika dijual secara terpisah di toko peralatan rumah tangga. Anda dapat mengganti-ganti pelapis, untuk menyesuaikan degnan setrika yang digunakan.

Bagaimana menyimpan pakaian yang baru disetrika?
Selalu gantung pakaian setelah disetrika. Biarkan pakaian tergantung selama sekitar lima sampai 30 menit sebelum digunakan atau dilipat dan disimpan di lemari. Dengan cara ini, pakaian tak gampang kusut.

Bisakah wajah anda yang kusut disetrika ?
untuk yang satu ini saya belum mencobanya tapi jika anda memiliki wajag kusut dan gak enak di pandang silahkan di coba dan upload kesini hasilnya

Nah, semoga dengan tips diatas  memudahkan anda dalam menyetrika, dan jangan malas lagi untuk hal tersebut.
dan selamat Menyetrika ^_^
Share this :