Mungkinkah Ini Desa yang Paling Terisolasi?

Diposting oleh Paling cerdas on Minggu, 11 November 2012


Sebuah desa yang terletak di pegunungan China diketahui terisolasi dari dunia luar, dan satu-satunya alat yang digunakan untuk berhubungan dengan kehidupan di luar adalah tiga utas tali yang terbentang di antara kedua tebing.



Sarana transportasi Desa Yushan (sumber: blogspot.com)

Sebuah kerangka besi yang digantungkan pada kedua tali tersebut, merupakan satu-satunya sarana transportasi yang membawa penduduk Desa Yushan berpergian dari Wilayah Hefeng, menuju kehidupan luar di Provinsi Hubei, China. Dengan demikian mereka dapat menjual hasil pertanian dan ladang untuk mendapatkan makanan dan keperluan lainnya.
Sebelum kereta gantung ini dibangun, sebanyak 200 warga desa harus berjalan selama beberapa hari menuju desa terdekat.
Kereta gantung yang mereka nikmati sekarang ini berada 400 meter di atas permukaan tanah dengan panjang 1.000 meter, serta ditarik oleh mesin diesel. Zhan Xinjian, adalah satu-satunya orang yang bersedia mengurusi kereta gantung ini, karena menurutnya tidak ada satu orang pun yang mau melakukannya.
“Ayahku adalah seorang kepala desa sehingga ia harus memilihku untuk melakukannya. dan Sekarang telah melakukannya selama 15 tahun,” ucap Zhan Xinjian
Salah satu kegiatan yang paling berbahaya adalah ketika Zhan harus meminyaki kabel yang terbentang dari tebing ke tebing dengan ketinggian 400 meter.  Pemeliharaan ini Zhan lakukan seminggu sekali.
“Pada awalnya, ayah dan adik bungsuku turut pula dalam meminyaki kabel. Namun selanjutnya adikku berhenti, demikian pula dengan ayahku yang kesehatannya semakin menurun. Dan sekarang hanya aku yang mampu melakukan kerjaan tersebut,” ucap Zhan, pria pemberani dari Desa Yushan. (**)
Sumber: Opposingviews.com, uniknya.com, September 2012.  
Share this :