Bahrain World Trade Center Gedung Bertenaga 3 turbin angin

Diposting oleh Paling cerdas on Rabu, 28 November 2012

Nih gan ane mau share gedung bertenaga angin Bahrain World Trade Center
Spoiler for Photo Siang:

Spoiler for Photo Malam:

Nah, liat kan, bahkan yang baru pertama kali lihat pun pasti langsung tahu ada sesuatu yang unik disana. Tentu saja yang paling menangkap mata (eye-catching) adalah 3 turbin angin di tengah-tengah gedungnya. Kalau kata orang sunda mah â??kolecerâ??. Maka turbin itu pula lah yang membuat saya ingin menulis postingan ini. hehe, okey.. lanjut ya

Sekilas tentang BWTC, gedung yang terletak di Bahrain ini dibangun pada tahun 2008 dengan tinggi 240 m. Berapa lantai ya kira-kira itu? Kalau asumsi 1 lantai saja 5 m, berarti ya sekitar ada 50 lantai. Bukan gedung yang sangat tinggi sebenarnya. walaupun di indonesia pasti itu sudah menjadi proyek yang sangat prestigious, oh, di luar juga tetap prestigious, terbukti dengan beberapa awards yang diperoleh BWTC. BWTC sendiri merupakan gedung komersil, yang tentu saja dengan konsumsi energi yang sangat besar.

Kembali ke turbin tadi, BWTC menjadi skyscraper pertama yang mengintegrasikan turbin angin dengan struktur gedungnya. Turbin-turbin tersebut menyumbang sekitar 11%-15% kebutuhan energi listrik di kedua tower tersebut. Itu sama banyaknya dengan men-supply kebutuhan listrik untuk 300 rumah. Ya, tentu saja kebutuhan listrik untuk gedung tinggi jauh lebih besar dibandingkan dengan rumah biasa.

Dan tentu saja, desain kedua tower yang mengapit turbin tersebut juga di desain agar bisa menghasilkan arus angin yang lebih cepat ketika memasuki turbin. Dibuktikan dengan wind tunnel test, bahwa untuk setiap 45 derajat angin yang datang akan membentuk arus angin yang menambah akselerasi turbin itu sendiri. Itulah kenapa arah dan besar arus angin bisa berubah akibat adanya bentuk-bentuk gedung yang ada.

Ide yang hebat bukan? ya memang, dilihat juga, Bahrain kan kepulauan dekat dengan pantai yang artinya dengan arus angin yang cukup besar. Bagaimana dengan Indonesia? sepertinya penggunaan angin untuk energi alternatif masih kurang diminati. Saking banyaknya pilihan yang bisa diambil, jadi bingung kan?! ada panas bumi yang belum ter-eksplore, ada pertambangan, nano, nuklir dan banyak hal lainnya yang belum termanfaatkan dengan baik. Padahal semakin lama, manusia akan membutuhkan energi yang lebih besar dan lebih besar lagi.
kalo berkenan [imagetag] [imagetag]
jangan [imagetag]
Share this :