Hari Ini 27 Agustus : Terjadinya Perang Terpendek di Dunia (40 Menit)

Diposting oleh Paling cerdas on Senin, 27 Agustus 2012

Perang yang terjadi antara Inggris vs Zanzibar pada tanggal 27 Agustus 1896, hanya berlangsung selama 40 menit. Ini merupakan perang terpendek dalam catatan sejarah. Pemicu perang ini adalah ultimatum yang dikeluarkan Inggris tapi tidak di indahkan. Saat itu Sultan Hamid bin Thuwaini yang pro Inggris digantikan oleh Sultan Khalid bin Barghash.


Terjadinya Perang Terpendek di Dunia (40 Menit) (sumber: blogspot.com)

Sesuai perjanjian yang ditandatangani tahun 1886, pengganti Sultan harus berdasarkan persetujuan konsul Inggris. Namun Sultan Khalid melanggar perjanjian tersebut. Inggris pun berang, dan memberi ultimatum kepadanya untuk turun dari tahta, tapi Sultan Khalid tak maunmengindahkan. Sebaliknya, ia merespon ultimatum itu dengan mengerahkan angkatan bersenjatanya untuk membarikade istana dari serangan Inggris.
Sikap menantang Khalid tersebut membuat Inggris marah, dan menjawabnya dengan serangan di pagi hari. Inggris membombardir Istana Khalid dan menghancurkan pasukan yang membrikade istana. Setidaknya ada 500 orang korban dari pihak Khalid, sementara dipihak Inggris hanya satu prajurit angkatan laut yang terluka. (**)
Sumber : malimsonline.com, uniknya.com, Agustus 2012

Share this :