Cara merawat kucing Hamil

Diposting oleh Paling cerdas on Kamis, 16 Agustus 2012



Mengetahui bahwa kucing kita hamil tentu sangat menyenangkan sekali, tapi kita perlu tanggung jawab atas kesehatan ibu dan anaknya kelak. Sebelum kita menyambut si anak kucing yang pasti lucu-lucu itu, aku ingin berbagi tips bagaimana merawat kucing yang sedang hamil. Ikuti tips ini untuk kesehatan yang optimal bagi ibu dan anaknya.

1. Jaga lingkungannya

Kucing yang sudah terbiasa main diluar sangat rentan dalam bahaya karena dia membawa keturunan. Jangan biarkan dia sering-sering bermain diluar, apalagi dalam cuaca yang buruk. Jadi, jaga lingkungannya agar tetap steril dari hal-hal yang membuatnya sakit dan terganggu.

2. Beri makanan yang tepat

Kucing membutuhkan nutrisi lebih ketika sedang hamil, terutama protein dan kalsium. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan sesuatu yang dikenal sebagai demam susu atau eklampsia, ini merupakan ancaman serius bagi kondisinya yang dapat terjadi pada akhir kehamilan atau kelahiran.

3. Jaga kenyamanannya

Buatlah kucing anda nyaman dengan tempat tidurnya. Ada beberapa cara untuk melakukannya, misalnya sebuah kotak yang dipenuhi dengan koran atau handuk. Pastikan bahwa tempat tidur ini siap setidaknya dua minggu sebelum melahirkan. Tempatkan di lokasi yang asing baginya.

4. Jauhkan dari kucing lain

Kucing hamil membutuhkan privasi. Jika kamu memiliki kucing lain di rumah, cari cara untuk menjaga mereka saling terisolasi satu sama lain untuk menghindari masalah.

5. Bawa ke dokter hewan untuk check-up

Jika memungkinkan untuk hal ini, bawalah kucing kamu ke dokter hewan untuk check up. Untuk awal kehamilan sangat dianjurkan hal ini dilakukan, penting untuk mengkonfirmasi kehamilan dan menguji komplikasi. Pemeriksaan berkala juga diperlukan untuk memastikan kehamilan normal dan anak-anak kucing sehat. Kamu juga bisa berkonsultasi kepada dokter.

Setelah langkah ini semua kamu lakukan, berarti kamu telah berada di jalur yang benar untuk memberikan pelayanan yang baik bagi kucing hamil kamu agar kehamilannya sehat dan kelahirannya juga lancar. Dengan begitu, kamu siap menunggu lahirnya keluarga baru bagi kucing tercinta.

sumber 
Share this :