5 “Spirit” Islam dalam Berbagai Gerakan Politik & Dakwah

Diposting oleh Paling cerdas on Senin, 27 Agustus 2012

Artikel ini tidak sedang membicarakan faksi atau kelompok Islam mana yang paling benar dalam berjuang dijalan Allah. Tapi setidaknya, dunia dan kita melihat bagaimana konsistensi mereka dalam membela panji-panji agama, yang ditegakan berdasarkan syariat. Mereka memilih wadah, untuk menggelontorkan "spirit" perjuangan dan dakwah, melalui berbagai cara – politik atau peperangan. Berikut artikelnya:


1. Hamas
Hamas akronim dari Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah (“Gerakan Pertahanan Islam”), adalah sebuah gerakan dan partai politik Palestina berhaluan Islamis yang dibentuk pada tahun 1987 untuk melakukan perlawanan terhadap pendudukan Israel di Palestina. Pada tahun 2006, partai ini memenangkan pemilu parlemen Palestina. Sejak awal Februari 2007, kelompok ini terlibat konflik dengan kelompok Fatah akibat kekalahan kelompok Fatah di pemilu parlemen 2006. Selain sebagai partai politik, Hamas juga merupakan lembaga sosial (firqah ijtima’iyyah).

Hamas (sumber: blogspot.com)

2. Ikhwanul Muslimin
Ikhwanul Muslimin sering hanya disebut Al-Ikhwan adalah salah satu jamaah dari umat Islam, mengajak dan menuntut ditegakkannya syariat Allah, hidup di bawah naungan Islam, seperti yang diturunkan Allah kepada Rasulullah saw, dan diserukan oleh para Salafus Shalih, bekerja dengannya dan untuknya, keyakinan yang bersih menghujam dalam sanubari, pemahaman yang benar yang merasuk dalam akal dan fikrah, syariah yang mengatur al-jawarih (anggota tubuh), perilaku dan politik. Di kemudian hari, gerakan Ikhwanul Muslimin tersebar ke seluruh dunia,

Ikhwanul Muslimin (sumber: blogspot.com)

3. Hizbullah
Hizbullah (“Partai Allah / Partai Tuhan”) adalah organisasi Politik dan Paramiliter dari kelompokI slam Syiah didirikan pada tahun 1982 yang berbasis di Libanon. mempunyai pengaruh besar dalam politik Libanon dengan memberikan pelayanan sosial, mendirikan sekolah-sekolah, rumah sakit, membuka daerah pertanian serta perlayanan lainnya untuk ribuan warga Shia’a Libanon dan dianggap sebagai cermin gerakan perlawanan di bagian besar dunia Arab dan Muslim dunia. Namun demikian, kelompok ini dianggap sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat, Israel, Kanada, dan Australia.

Hizbullah (sumber: blogspot.com)


4. Hizbut Tahrir
Atau Hizb ut-Tahrir awal bernama ‘Partai Pembebasan Islam (hizb al-tahrir al-islami)’ adalah partai politik berideologi Islam didirikan pada tahun 1952 di Al Quds berdasarkan aqidah Islam. Taqiyyuddin An Nabhani (1905-1978) atau di Indonesia dikenal dengan Syekh Taqiyyuddin An Nabhani seorang Ulama, Mujtahid, hakim pengadilan (Qadi) Di Palestina dan lulusan Al Azhar. Beliau hafidz Quran sejak usia 15 tahun. Ia adalah cucu dari Ulama besar pada masa Khilafah Utsmaniyah, Syeikh Yusuf An-Nabhani.
Hizbut Tahrir adalah suatu kelompok yang bermaksud membangkitkan kembali umat Islam dari kemerosotan yang amat parah, membebaskan umat dari ide-ide, sistem perundang-undangan, dan hukum-hukum kufur, serta membebaskan mereka dari cengkeraman dominasi dan pengaruh negara-negara kafir. Hizbut Tahrir bermaksud juga membangun kembali Daulah Khilafah Islamiyah (dengan metode tholabun nusroh) di muka bumi, sehingga hukum yang diturunkan Allah dapat diberlakukan kembali, begitulah sekilas tentang tujuan berdirinya hizbut tahrir.

Hizbut Tahrir (sumber: blogspot.com)
 
5.imrah islam 
Taliban Afghanistan lebih suka organisasi mereka dikenal dengan Imarah Islam Afghanistan daripada sebutan simpel Taliban.  Imarah Islam Afghanistan atau Amarat-i-Islami Afghanistan adalah nama yang diberikan Taliban untuk tanah air mereka saat mereka berkuasa di tahun 1996-2001.  Taliban masih menggunakan nama tersebut dan organisasi mereka disebut dengan Imarah Islam Afghanistan.  Dalam bahasa Pashto, Taliban menyebutnya “Da Afghanistan Islami Amarat”.(**)

Share this :