5 Negara “Paling Muda” Di Asia Tenggara

Diposting oleh Paling cerdas on Senin, 20 Agustus 2012

Beberapa hari lagi, kita bangsa Indonesia memperingati kemerdekaannya yang telah dipoklamirkan pada 17 Agustus 1945 silam. Itu artina, pada tahun 2012 ini kita merayakan HUT Kemerdekaan ang ke 67 tahun. Sedangkan beberapa negara berikut,
jika dilihat dari tahun kemerdekaan yang diproklamirkannya, negara yang dimaksud terhitung "paling muda" usianya, dibanding dengan negara di Asia tenggara lainnya. Jadi, konteks 5 negara paling muda disini, dilihat dari tahun kemerdekaan negara yang bersangkutan. Berikut artikelnya!

1. Timor Leste, Hari Kemerdekaan 20 Mei 2002
Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa’e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklaveOecussi-Ambeno di Timor Barat.
Timor Leste dulu adalah salah satu provinsi di Indonesia, Timor Leste secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur, ketika menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis “Timor Leste” sebagai nama resmi negara mereka.


Timor Leste (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

2. Brunei Darussalam, Hari Kemerdekaan 1 Januari 1984
Negara Brunei Darussalam adalah negara berdaulat di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan. Negara ini memiliki wilayah seluas 5.765 km² yang menempati pulau Kalimantan dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Cina Selatan. Wilayahnya dipisahkan ke dalam dua bagian oleh negara bagian di Malaysia yaitu Sarawak.
Pada 4 Januari 1979, Brunei dan Britania Raya telah menandatangani Perjanjian Kerjasama dan Persahabatan. Pada 1 Januari 1984, Brunei Darussalam telah berhasil mencapai kemerdekaan sepenuhnya.


Brunei Darussalam (sumber: blogspot.com)

3. Singapore, Hari Kemerdekaan 9 Agustus 1965
Singapura nama resminya Republik Singapura, adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mil) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dariKepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia[16] dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari limapelabuhan tersibuk di dunia. Singapura secara resmi memperoleh kedaulatan pada 9 Agustus 1965


Singapore (sumber: blogspot.com)

4. Malaysia, Hari Kemerdekaan 31 Agustus 1957
Malaysia adalah sebuah negara federasiyang terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi.Ibukotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan persekutuan. Jumlah penduduk negara ini melebihi 27 juta jiwa. Negara ini dipisahkan ke dalam dua kawasan Malaysia Barat dan Malaysia Timur.
Malaysia sebagai negara persekutuan tidak pernah ada sampai tahun 1963. Sebelumnya, sekumpulan koloni didirikan oleh Britania Raya pada akhir abad ke-18, dan paro barat Malaysia modern terdiri dari beberapa kerajaan yang terpisah-pisah. Kumpulan wilayah jajahan itu dikenal sebagaiMalaya Britania hingga pembubarannya pada 1946, ketika kumpulan itu disusun kembali sebagai Uni Malaya. Karena semakin meluasnya tentangan, kumpulan itu lagi-lagi disusun kembali sebagai Federasi Malaya pada tahun 1948 dan kemudian meraih kemerdekaan pada 31 Agustus1957.


Malaysia (sumber: blogspot.com)

5. Kamboja, Hari Kemerdekaan 9 November 1953
Kerajaan Kamboja adalah sebuah negara berbentuk monarki konstitusional di Asia Tenggara. Negara ini merupakan penerus Kekaisaran Khmeryang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina antara abad ke-11 dan 14. Kamboja dijadikan daerah Protektorat oleh Perancis dari tahun 1863 sampai dengan 1953, sebagai daerah dari Koloni Indochina. Setelah penjajahan Jepang pada 1940-an, akhirnya Kamboja meraih kemerdekaannya dari Perancis pada 9 November 1953. Kamboja menjadi sebuah kerajaan konstitusional dibawah kepemimpinan Raja Norodom Sihanouk.(**)


Kamboja (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

Sumber: dari berbagai sumber, uniknya.com,palingcerdas.blogspot.com, Agustus 2012

Share this :