Daftar Artikel Menarik

5 Gadget Menakjubkan Bertenaga Surya

Diposting oleh Sandi Asyuri on Sabtu, 22 Desember 2012


Matahari tidak hanya berfungsi untuk menyinari bumi, namun jika kita bisa mengolahnya kita bisa memanfaatkan tenaga dari matahari menjadi energi. Berikut uniknya.com merangkum 5  gadget menakjubkan yang pengoperasiannya memanfaatkan tenaga matahari:


1. Pesawat tenaga matahari


Pesawat tenaga matahari (sumber:blogspot.com)

Mungkin di benak kita tidak pernah terpikirkan jika kendaraan terbang semacam pesawat menggunakan tenaga surya. Di NASA Dryden Flight Research Center di Edwards, California, imajinasi tersebut menjadi kenyataan, dan kenyataan. Pesawat bertenaga surya pertama di beri nama The Pathfinder. Pesawat ini mampu terbang semaksimal mungkin tergantung dari energi matahari yang di tangkap oleh panel solar matahari.

2. Sekuter tenaga matahari


Sekuter tenaga matahari (sumber:blogspot.com)

Salah satu modifikasi skuter paling canggih adalah sekuter bertenaga surya yang telah diciptakan oleh Terry hope. Sekuter ini menggunakan baterai yang pengisian ulang tenaganya menggunakan tenaga matahari. Selain hemat energi, sekuter ini juga dapat dibongkar pasang bahkan anda bisa memasukkannya di dalam koper.

3. Kapal tenaga matahari terbesar di dunia


Kapal tenaga matahari terbesar di dunia (sumber:blogspot.com)

Dibuat di Yacht Club Knierim di Jerman utara, kapal ini adalah kapal tenaga matahari terbesar di dunia, berukuran panjanf 31 meter lebar 15 meter dan tinggi 7,5 meter. Kapal pesiar ini dilapisi oleh 500 m2 pannel surya yang dapat menghasilkan 103,4 kW energi matahari untuk menjalankan mesin yang hanya membutuhkan 20kW. Dirancang dengan kecepatan rata-rata sekitar 9mph, dan perahu ini bisa mencapai kecepatan maksimal 17 mil per jam. Sekitar € 18.000.000 telah diinvestasikan ke dalam proyek ini.

4. LCD tenaga matahari


LCD tenaga matahari (sumber:blogspot.com)

LCD ini adalah hasil dari penyuntikan teknologi terbaru dalam dunia industri peralatan elektronik yaitu dengan menambahkan panel surya sebagai sumber energi. Layar LCD ini berukuran 52 inchi, diciptakan pertamakali oleh perusahaan elektronik berlabel sharp.

5. Lampu berbentuk tengkorak bertenaga matahari


Lampu berbentuk tengkorak bertenaga matahari (sumber:blogspot.com)

Anda yang suka dengan aksesoris ghotic, lampu ini nampaknya cocok untuk anda. Aksesoris ini hemat energi karena lampu yang menyala di kedua mata tengkorak bersumber dari tenaga matahari. Aksesoris ini juga cocok untuk kado ketika perayaan Halloween. Anda dapat memilikinya dengan harga $ 20,69. (**)

Sumber: Dengan berbagai sumber, uniknya.com, September 2012 .
Share this :