5 Lagu Bertemakan Superhero

Diposting oleh Paling cerdas on Rabu, 03 Oktober 2012


Film superhero memang dianggap dekat dengan dunia anak-anak, namun tidak bagi para remaja dan dewasa saat ini. Mereka bahkan rela mengantri berjam-jam di depan pintu tiket bioskop demi menyaksikan superhero idola mereka. Namun kegagahan, keberanian dan adegan-adegan menegangkan sang superhero tidak berarti tanpa peran para musisi yang mengiringi gerak-geriknya melalui musik. Sebagai salah satu unsur pembentuk suasana dan atmosfer di dalam film, peran musik sangat sentral sehingga para penonton dapat larut secara emosional ke dalam adegan, emosi tokoh yang ada dalam film superhero tersebut. Namun banyak dari para penonton yang belum menyadari dan memahami makna yang berada di balik musik soundtrack film superhero tersebut, dan bagaimana para musisi begitu menciptkan musik dan lirik yang dalam dan meresap ke dalam sosok superhero. Berikut uniknya.com merangkum 5 lagu bertemakan superhero:


1. Smashing Pumpkins – The End Is the Beginning Is the End'
Dalam sebuah wawancara yang ditayangkan oleh MTV, vokalis Smashing Pumpkins, Billy Corgan menjelaskan bagaimana ia bisa terhubungkan dengan superhero Batman.
"Untuk membuat lagu ini merupakan sebuah pengalaman artistik yang pernah dilakukan, karena didalamnya aku bebas berkreasi," ucapnya.
"Aku tidak membicarakan tentang diriku ataupun Smashing Pumpkins. Aku mencoba untuk merepresentasikan sosok Batman itu sendiri," tambahnya.
Lagu 'The End is the Beginning Is the End' merupakan perpaduan nuansa melankolia sekaligus ratapan. Lagu ini menjadi soundtrack film superhero 'Batman and Robin,' dan walaupun lagu tersebut tidak banyak dipromosikan namun mendapatkan tempat yang baik di tangga lagu Amerika Serikat pada 1997—bahkan di tahun yang sama meraih penghargaan Grammy untuk kategori Best Hard Rock Performance.



Smashing Pumpkins - The End Is the Beginning Is the End' (sumber:blogspot.com)

2.  the Flaming Lips -  'Waitin' for a Superman'
Sang vokalis Wayne Coyne mengatakan bahwa lagu 'Waitin for Superman' secara gamblang terinspirasi oleh sosok Superman. Lagu ini ia tulis setelah ayahnya meninggal dunia karena Kanker pada 1999.
Bahkan Steven Drodz (drum) mengatakan, "Ketika bernyanyi ia begitu larut ke dalam kord dan melodi yang aku mainkan. Sepertinya jiwa dan pikiran keluar secara bersamaan dalam setiap baris yang dinyanyikannya."
Lagu 'Waiting for a Superman' merupakan single the Flaming Lips pada album 'The Soft Bulletin' yang dirilis pada 1999. Bahkan lagu 'Superman' ini dinyanyikan kembali oleh Cold Play, David Bazan dan Iron and Wine.


the Flaming Lips - 'Waitin' for a Superman' (sumber:blogspot.com)


3. The Black Lips –  'Spidey's Curse'
Gitaris Black Lips, Cole Alexander mengatakan bahwa lagu 'Spidey's Curse' bercerita tentang tokoh Spiderman, Peter Parker, yang mengalami pelecehan di masa kecilnya. Saat itu ia masih duduk di kelas IX dan sedang mengikuti kelas Pendidikan Seks, saat pembelajaran sedang berlangsung seorang teman memberinya sebuah komik.
"Sebuah pengalaman yang membuatku kapok, karena mempelajari masa kelam seseorang yang aku kira kuat," ucap Alexander dalam sebuah wawancara.
Lagu Spidey's Curse ini terdapat di track nomor tiga di Album 'Arabia Mountain' yang dirilis pada Juni 2011 lalu.


The Black Lips – 'Spidey's Curse' (sumber:blogspot.com)

4. Sufjan Stevens  – 'The Man From Metropolis Steals Our Hearts'
Selain memang dihubungkan dengan kota kelahiran Superman, Metropolis, lagu 'The Man from Metropolis Steals Our Hearts' adalah mengenai kebutuhan masyarakat kota untuk menciptakan sebuah simbol kebanggan, kemasyhuran dan kejayaan.
'The Man From Metropolis Steals Our Hearts' merupakan lagu Sufjan Stevens yang terdapat di dalam Album 'Illinois' 2005.


Sufjan Stevens - 'The Man From Metropolis Steals Our Hearts' (sumber:blogspot.com)


5. the Ramones – 'Spider-Man Theme Song' (Cover)
This instantly recognizable theme song was covered by the Ramones primarily for the 1995 compilation album 'Saturday Morning: Cartoon's Greatest Hits,' a tribute to some of the best '60s and '70s cartoon theme songs. Later, the band featured the cover as a hidden track on their 1995 album 'Adios Amigos.'
The Ramones, salah satu band legendaris punkrock asal Amerika Serikat, pada tahun 1995 menyanyikan ulang (cover) sebuah lagu tema film serial Spiderman. Lagu 'Spiderman' versi the Ramones terdapat di dalam sebuah album kompilasi 'Saturday Morning: Cartoon's Greatest Hits,' sebuah album khusus untuk menghormati lagu tema film kartun era 60-70'an. Dan kemudian the Ramones memasukan lagu ini sebagai bonus track di album Adios Amigos. (**)


the Ramones – 'Spider-Man Theme Song' (Cover) (sumber:blogspot.com)

 Sumber; Difuser.fm, uniknya.com 2012.
Share this :