Daftar Artikel Menarik

Hahh?? Orang Kaya di China Lolos Dari Penjara Dengan Jasa “Stuntman”

Diposting oleh Sandi Asyuri on Minggu, 23 September 2012

Anda terjebak kasus kriminal dan harus mendekam di penjara? Di Cina, Anda dapat lolos dari kurungan bui jika Anda mampu membayar jasa "stuntman".
Stuntman yang satu ini bukan pemeran pengganti khusus adegan berbahaya di film-film, melainkan orang yang bertugas menggantikan narapidana selama di dalam penjara.


Hu Bin (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Ya, rupanya ada beberapa orang-orang kaya di China, terbebas dari hukuman dengan cara yang picik. Mereka tak mau membuang-buang waktu di penjara, dengan bersedia menyisihkan sebagian kecil dari kekayaan mereka untuk membayar  jasa stuntman.
Seperti diberitakan Slate.com, bisnis stuntmant khusus narapidana kini bahkan semakin marak, terutama sejak tahun 2009, dimana sejumlah kasus orang pengganti bagi narapidana mulai terkuak.
Salah satunya yang dilakukan oleh pelaku kasus perusakan rumah. Agar terbebas dari hukuman penjara, pelaku menyewa seorang gelandangan yang berwajah mirip dengannya dan membayarnya senilai $31 (setara Rp.295.000) per hari selama masa tahanan.
Hal serupa juga terjadi pada Hu Bin, pemuda kaya-raya yang mengalami kecelakaan lalu-lintas yang mengakibatkan tewasnya seorang pejalan kaki. OddityCentral.com melansir, Hu Bin menyewa seorang pemuda untuk menggantikannya selama tiga tahun di penjara, sedangkan Hu Bin sendiri bebas melenggang di luar bui.
Kasus terbarunya ialah Gu Kailai, wanita China yang dihukum karena pembunuhan Neil Heywood. Menurut rumor, ia menyewa seorang wanita untuk melayani hukuman mati yang akan ditangguhkanya.
Di Cina, sosok pengganti khusus narapidana disebut dengan julukan "ding zui". "Ding" berarti pengganti dan "zui" berarti kriminal, sehingga "ding zui" berarti peran pengganti para pelaku kriminal. Syarat paling penting dalam mencari seorang "ding zui" ialah wajah dan perawakan yang mirip dengan sang pelaku. (**)

Sumber : odditycentral.com, uniknya.com, Agustus 2012

Share this :