5 Serangan Virus Komputer Terburuk Sepanjang Masa (Bagian I)

Diposting oleh Paling cerdas on Rabu, 12 September 2012

Virus komputer memang dapat menginfeksi berkas-berkas dalam sebuah sistem komputer, tapi worm (cacing komputer) dapat melakukannya dengan lebih baik. Selain dapat menyebar dalam sebuah sistem, worm juga dapat menyebar ke banyak sistem melalui jaringan yang terhubung dengan sistem yang terinfeksi. Beberapa worm, juga dapat mencakup kode-kode virus yang dapat merusak berkas, mencuri dokumen, e-mail, atau melakukan hal lainnya yang merusak, atau hanya menjadikan sistem terinfeksi tidak berguna. Kerugian yang disebabkan oleh virus atau worm mencapai jutaan bahkan milaran dollar. Berikut 5 serangan virus komputer yang tercatat terburuk:

1.  Morris, 1988
Virus Morris atau virus Internet 2 November 1988, adalah salah satu virus komputer pertama yang menyebar melalui Internet. Morris diciptakan oleh mahasiswa Cornell University Robert T. Morris, yang awalnya mengaku tujuannya adalah untuk mengukur ukuran Internet. Sebaliknya, karena menggunakan kelemahan yang ada di Unix sendmail dan menginfeksi komputer beberapa kali, akibatnya sekitar 6.000 komputer (internet memiliki 60.000 diperkirakan) lumpuh akibat virus ini. Meskipun virus Morris menyebabkan kerugian mencapai antara $ 10 juta dan $ 100 juta, namun pembuatnya sendiri, dijatuhi hukuman dengan  masa percobaan hanya tiga tahun dan denda $ 10.050 – selain itu, iapun bahkan akhirnya menjadi pengajar di almamaternya di MIT.


Robert T. Morris (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

2. Melissa, 1999
Diduga nama Melissa diambil dari seorang penari wanita Florida yang David L. Smith, sebagai penciptanya, jatuh hati pada wanita tersebut. Melissa memaksa perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft, Intel Corp dan Alcatel-Lucent untuk menutup pintu email mereka karena besarnya volume lalu lintas virus yang dihasilkan. Smith menghadapi ancaman 40 tahun penjara dan denda yang sangat besar. Namun ajaibnya, hukuman Smith dikurangi menjadi 20 bulan dan denda $ 5.000 dengan menghabiskan beberapa tahun membantu FBI menangkap penyebar atau pembuat virus lainnya.


David L. Smith (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

3. VBS/I love you, 2000
Dimulai pada tanggal 4 Mei di Filipina, virus ini menyebar ke seluruh dunia dalam satu hari dengan menggunakan email komputer yang terinfeksi. Sederet daftar alamat untuk mengirim sejumlah besar pesan diarahkan pada sasaran baru. VBS diduga telah menyebabkan $ 5,5 milyar kerusakan, seperti sistem email perusahaan dan pemerintah yang sengaja harus dimatikan untuk membasmi virus.


VBS/I love you, 2000 (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

4. Code Red, 2001
Dimulai pada 13 Juli. Code Red atau Kode Merah menginfeksi banyak komputer yang menjalankan Microsoft IIS Web server, mengeksploitasi buffer overflow dan mengotori situs web dengan teks, “HELLO! Selamat Datang di http://www.worm.com! Hacked By Chinese!" Guna memperbaiki jaringan yang telah rusak, dibutuhkan waktu sekitar satu bulan, dengan menelan biaya $ 2,6 miliar.


Code Red, 2001 (sumber:blogspot.com)

5. Nimda, 2001
Nimda (“admin” dieja terbalik) hanya membutuhkan 22 menit saja untuk menyebar sejauh dan seluas virus Code Red. Rahasia Nimda menggunakan beberapa vektor propagasi yang berbeda: Hal ini memungkinkan massa untuk mengirimkan email sendiri, memikat pengguna ke situs web yang terinfeksi, dan mengambil keuntungan dari masalah yang diciptakannya. Dampak Nimda mengakibatkan biaya sekitar $ 635 juta dalam kerusakan.(**)


Nimda, 2001 (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Sumber: www.tenorama.com, uniknya.com, Agustus 2012

Share this :