Daftar Artikel Menarik

5 Rancangan Berumur 1000 Tahun

Diposting oleh Sandi Asyuri on Kamis, 20 September 2012


ada yang menarik di belakang bilangan bulat, khususnya bilangan yang mengandung angka nol. Bilangan bulat menarik perhatian kita secara psikologis. Jujur saja, akan terasa menarik ketika kami tersadar bahwa uniknya.com telah mengeluarkan artikel ke-1000. Meraih kejadian-kejadian penting yang positif membuat kita ingin merayakan dan, menurut penelitian psikologis, bilangan bulat memainkan peran penting. Reuni sekolah biasa diselenggarakan setelah 10, 15 atau 20 tahun setelah lulus. Kita menilai kinerja presiden setelah 100 hari menjabat.

Berkaitan dengan bilangan bulat dan teknologi, uniknya.com mengulas lima rancangan yang berumur 1000 tahun. Bagaimana menurut Anda? Apakah kelima desain ini memang benar-benar berumur 1000 tahun, atau apakah para penulis dan pemasar menggunakan angka ini sebagai pemancing?
1. Stupa Kalachakra



Sebuah monumen penganut ajaran Buddha yang langka dan sakral berbentuk kompleks Crystal Castle di Australia. Membangun sebuah stupa adalah proses yang sangat rumit dan canggih. Menurut para ahli, stupa tersebut adalah bentuk paling awal dari ekspresi arsitektur kaum Buddha. Ada delapan jenis stupa Tibet.
Stupa Perdamaian Dunia Kalachakra adalah stupa pertama yang berada di bagian selatan katulistiwa (ketujuh di dunia), dan Kalachakra berarti melindungi orang-orang dari arus energi negatif dan mengembalikan keseimbangan selama masa-masa krisis.
Mengkombinasikan prinsip-prinsip rancangan kuno dengan kemajuan teknologi, kapsul waktu yang diberkati oleh Dalai Lama dibangun agar bertahan 1000 tahun. Stupa ini harusnya selesai sebelum akhir 2012, dan akan diisi dengan relik-relik, benda-benda suci, dan naskah-naskah.
2. Upeti Pangeran William untuk Diana



Tahun 2008, Pangeran William menjadi Kawanan Ksatria Kerajaan dari Orde Garter. Sang Ratu menjadikan William ksatria ke-1000 yang bergabung dengan orde keksatriaan Inggris tertua.
Ketika menerima simbol upacara tradisional yaitu diksatriakan, William meminta para perancang menggabungkan logo keluarga Putri Diana juga. Selain itu, baik ia maupun adiknya Harry minta dipasangkan tempurung kerang pada Garter Crests dan Coat of Arms, sebagai persembahan kepada ibunya. Patung berlapis ganda tersebut, yang terbuat dari emas 24 karat, dirancang setidaknya bertahan 1000 tahun.

3. Seni Yang Diharapkan Bertahan Satu Milenium



Buell Mullen (1901- 1986) adalah seniman yang terkenal di dunia yang mengembangkan, setelah delapan tahun bereksperimen, sebuah teknik baru melukis di atas logam. Teksturnya yang tidak biasa, teknik (dia gores dengan asam) dan kualitas tiga dimensi lukis mirip patungnya tersebut cukup inovatif di jamannya.  Selain baja tahan karat, Mullen berkarya di atas aluminium, emas, khrom, tembaga dan nikel. Yang ditunjukkan pada gambar di atas adalah lukisan Presiden Dwight Eisenhower yang terbuat dari baja anti karat, yang dipersembahkan bagi Pabrik Senjata Rejim Ketujuh di Kota New York, untuk dirgahayu ke-150.
4. Injil Antik



Apakah Anda tahu mengapa injil-injil antik bisa bertahan selama berabad-abad dengan baik? Jawabannya terletak pada bagaimana mereka dibuat. Kini, hampir semua buku dan injil dirancang agar bertahan selama beberapa generasi, antara 30 dan 60 tahun; namun, injil antik dapat bertahan ribuan tahun! Injil tersebut dapat bertahan secara mengagumkan karena mereka dicetak di atas kertas kulit (kulit binatang yang terawat), atau di atas kertas linen katun bebas asam. Karena jilid terbuat dari kulit biasanya bertahan sekitar 100 sampai 300 tahun, maka hampir semua injil antik diikat kembali dengan kulit tebal.
Misalnya, Codex Sinaiticus ditulis tangan sekitar 1600 tahun lalu di atas 800 halaman perkamen atau kertas kulit. Ini adalah salah satu dari empat naskah kuno uncial besar yang mengandung Injil Kristen dalam bahasa Yunani, termasuk salinan lengkap tertua dari Perjanjian Baru.

5. Lengkungan Gapura St. Louis


Lengkungan Gapura yang berketinggian 630 kaki, yang dikenal juga sebagai Pintu Masuk ke Barat, adalah monumen tertinggi di Amerika Serikat. Lengkungan baja anti karat ini mencakar langit St. Louis tersebut, dan merupakan simbol perluasan Amerika ke arah barat. Arsitek Eero Saarinen dan insinyur struktural Fred Severud merancang Lengkungan Gapura tersebut tahun 1965, dan berharap dapat bertahan 1000 tahun, apabila dipelihara dengan baik. (**)
Sumber: tiptoptenz.net, uniknya.com, Agustus 2012
Share this :