Kelahiran 24 Agustus (Meggy Z)

Diposting oleh Paling cerdas on Jumat, 24 Agustus 2012

Meggy Zakaria lahir di Jakarta, 24 Agustus 1945 – meninggal di Depok, Jawa Barat, 21 Oktober 2009 pada umur 64 tahun adalah penyanyi dangdut dan aktor. Ia sangat dikenal publik sebagai penyanyi dangdut, selain itu juga dikenal sebagai pemeran dalam sinetron serta film layar lebar.


Meggy Z (sumber: blogspot.com)

Meggy Z  terjun ke dunia dangdut pada tahun 1968, tapi hingga 1980-an namanya masih kurang dikenal. Sejak 1981 ia mengasah kebolehannya mencipta lagu. Nama Meggy Z melejit setelah menyanyikan lagu ciptaan Obbie Mesakh "Lebih Baik Sakit Gigi".
Meggy Z adalah seorang penyanyi dangdut senior, meski dia juga menjajal dunia seni peran, namun pamornya lebih banyak di dunia musik dangdut. Loyalitas Meggy dalam dunia dangdut pun telah diakui.
Pada ajang Anugerah Dangdut TPI 1997, ia mendapat penghargaan sebagai Penyanyi Rekaman Dangdut Terbaik. Lewat Benang Biru, selang setahun kemudian, pada 2003, lagu ini menjadi Lagu Dangdut Terbaik di ajang Anugerah Dangdut TPI 1998. Selain favorit para juri, lagu ini pun menjadi favorit para penggemar dangdut tanah air.


Meggy Z (sumber: blogspot.com)

Meski saat itu penyanyi-penyanyi dangdut pria mulai bermunculan, namun ia masih menjadi favorit. Salah satunya dibuktikan dengan berhasilnya ia menjadi Penyanyi Pria Favorit lewat lagunya, "Permisi" di ajang yang sama pada 2002.
Sukses di dunia dangdut membuat pelantun Sakit Gigi ini mencoba dunia peran yang pada akhirnya membuatnya enjoy. Debut aktingnya saat membintangi sinetron BULAN BERKACA. Dari sini, ia lantas sering tampil di sinetron, bahkan mendapat peran utama di JADI POCONG. Sinetron lain yang pernah ia bintangi adalah DUK DUK MONG.
Pada tahun 90-an, hampir semua lagu-lagu yang dibawakan Meggy menjadi hits. Sebut saja Benang Biru dan Senyum Membawa Luka yang ada di album BERAKHIR PULA serta lagu Anggur Merah, Mandul, Gubuk Bambu, Jatuh Bangun dan Mata Air Cinta.
Lagu Jatuh Bangun yang pernah dipopulerkan oleh meggy Z , juga pernah dinyanyikan oleh Kristina dan grup band "Tiket". Setelah beliau meninggal, Tiket pun mengaransemen musik rock dengan lagunya.
Dalam kehidupan pribadinya, Meggy menikahi Zainabun sejak 1970. Dari pernikahannya ini, mereka dikaruniai 2 orang anak dan 3 orang cucu.
Rabu malam, 21 Oktober 2009, Meggy berpulang ke Rahmatullah. Sekitar pukul 23.30 WIB, Meggy menghembuskan nafas terakhir di RS Margonda, Depok dengan didampingi istri dan anak-anaknya. Kemudian jenazah almarhum disemayamkan di kediamannya di Cipayung.

Sumber : Wikipedia.org, Kapanlagi.com, uniknya.com, Agustus 2012

Share this :