Daftar Artikel Menarik

5 Museum Paling Unik yang Ada di Jepang

Diposkan oleh Sandi Asyuri on Kamis, 12 Juli 2012

mungkin tidak punya museum sejarah yang dapat menyaingi museum yang ada di kota-kota kuno, seperti Roma, London, ataupun Paris. Namun, Jepang tidak diragukan lagi memiliki teknologi yang dapat memastikannya memiliki museum unik. Simak ulasannya berikut ini :

1. Edo-Tokyo Museum

Kunjungan ke Edo-Tokyo Museum ini bagaikan perjalanan lintas waktu, kembali ke masa lalu. Museum tujuh lantai ini menggambarkan keadaan bagaimana Kota Tokyo di masa lalu, mulai dari zaman Edo hingga kini. Fokus koleksi museum ada di politik, budaya, dan gaya hidup Tokyo selama sejarah 400 tahunnya. Yang menjadikan museum ini salah satu yang terbaik di Tokyo adalah adanya artefak dan replika asli bangunan masa Edo, dengan ukuran-ukuran besar yang nampak seperti asli. Pengunjung segala usia akan menikmati menjelajahi pameran ini, yang terletak di dekat Stadium Sumo di Ryogoku, Tokyo.


2. Museum Nasional Tokyo

Museum tertua di Jepang ini tidak diragukan lagi adalah salah satu museum terpenting yang memegang koleksi besar artifak dan kesenian Jepang. Terletak di seberang Taman Ueno, Museum Nasional Tokyo dapat dijelajahi dalam waktu satu hari penuh. Museum ini dibagi dalam beberapa bangunan yang berbeda, koleksi utamanya ada di galeri utama yang disebut Honkan. Mulai dari kimono hingga senjata samurai berusia ratusan tahun, semuanya ada di museum ini.





3. Museum Ghibli

Museum unik dan berwarna ini pasti menjadi favorit Anda yang mencintai animasi Jepang. Museum ini memang dibangun oleh Studio Animasi Gibli, oleh animator terkenal Jepang Hayao Miyazaki. Semua ruangan dan pameran di museum ini didedikasikan untuk karakter, adegan, dan lokasi dari kartun animasi yang pernah dibuat oleh Studio Ghibli. Saat masuk ke museum, Anda akan disambut patung besar karakter Totoro. Di dalam, Anda bisa melihat mulai dari ruangan yang menampilkan proses dari suatu gambar menjadi animasi, hingga ruang permainan dimana anak-anak dapat bermain bersama karakter anime. Adapula ruang film untuk menonton animasi yang dibuat oleh Studio Ghibli.





4. Miraikan

Dengan nama resmi National Museum of Emerging Science and Innovation, Miraikan merupakan bangunan modern besar yang penuh dengan ruang interaktif. Tidak seperti museum sains yang biasanya membosankan, Miraikan menampilkan teknologi terkini, menjadikannya salah satu museum terbaik di Tokyo. Koleksi yang dipamerkan, yaitu peragaan interaktif cara kerja otak, obat-obatan, lingkungan bumi, luar angkasa, waktu, hingga robot dan internet.





5. The National Art Center

Meskipun museum satu ini relatif baru dan tidak memiliki koleksi yang permanen, penataannya yang besar dan rapi terorganisir menjadikannya pilihan tepat saat menjelajahi museum di Tokyo. Apalagi dengan luas 14.000 meter persegi, museum ini merupakan salah satu museum terbesar di Jepang. Museum dengan desain moderen ini menampilkan fotografi serta kesenian Jepang yang ditampilkan secara bergantian dalam waktu berkala.





Share this :