Kamera Canggih ini 5x Lebih Tajam dari Mata Manusia

Diposting oleh Paling cerdas on Jumat, 29 Juni 2012




Sebentar lagi, posisi kamera Hasselblad H4D-200MS sebagai kamera yang memiliki resolusi tertinggi, yaitu 200 megapiksel akan segera tersingkir. Sesuai dengan perkembangan teknologi fotografi, para ilmuwan menghadirkan sebuah kamera yang jauh lebih canggih daripada kamera Hasselblad H4D-200MS, yaitu kamera Aware2.


Kamera Aware2 ini adalah sebuah kamera yang bisa melihat lima kali lebih baik dan lebih tajam dari mata manusia dengan penglihatan 20/20 atau penglihatan sempurna. Kamera Aware2 ini memiliki resolusi sebesar 50 gigapiksel, atau setara dengan 50.000 megapiksel.


Sekelompok ilmuwan yang mengembangkan kamera Aware2 ini dipimpin oleh Profesor David Brady. David Brady adalah seorang dosen sekaligus profesor teknik elektro di Universitas Duke. Profesor Brady mengembangkan kamera Aware2 ini bersama dengan para ilmuwan lain dari Universitas Arizona dan Universitas California. Selain itu, Profesor Brady juga mendapat dukungan atau sokongan dana dari DARPA (the United States Defense Advanced Research Projects Agency), dimana pihak militer Amerika Serikat sendiri berminat untuk mengolah pencitraan yang lebih baik. Selain berguna bagi pihak militer, kamera Aware2 ini juga sangat berguna bagi ilmu pengetahuan di bidang astronomi.


Jadi, kamera Aware2 ini terdiri dari 100 buah kamera mikro yang memiliki resolusi 14 Megapiksel dengan sifat lensa yang memiliki pandangan 120 derajat hingga 50 derajat. Pemasangan 100 buah kamera mikro ini bertujuan agar kamera Aware2 dapat menangkap setiap detail yang difoto.

Cara kerja kamera Aware2 ini adalah setiap kamera mikro yang terpasang di kamera Aware2 ini akan mengambil sebuah gambar.  Sehingga total gambar akan ada 100 gambar hasil jepretan. Lalu gambar – gambar hasil jepretan 100 kamera mikro tersebut akan disatukan oleh sebuah sistem komputer. Hasilnya pun sangat menakjubkan. Anda bahkan dapat melihat semua detail yang ada dalam hasil cetak, seperti nomor kendaraan di plat mobil, rambu – rambu lalu lintas, dll.


Tapi, para ilmuwan mengatakan bahwa kamera Aware2 ini masih belum bisa dipasarkan dan diperdagangkan secara komersial. Kamera Aware2 ini masih membutuhkan beberapa pengembangan lagi untuk dapat digunakan secara komersial. Hingga kini, para pengembang Kamera Awake2 ini hanya dapat menghasilkan gambar hasil jepretan dalam warna hitam dan putih. Namun, para peneliti dari Sekolah Carolina Utara sedang berusaha membuat kamera Awake2 yang dapat menghasilkan gambar berwarna.



Bentuk awal kamera Aware2 ini memiliki panjang 76 cm dan lebar 51 cm. Memang dengan ukuran tersebut, kamera Aware2 ini sangat besar bila dibandingkan dengan kamera pada umumnya saat ini. Namun teknologi yang sedang terus dikembangkan oleh para ilmuwan ini akan dimanfaatkan untuk pengintaian militer. Detail dari hasil foto kamera Aware2 ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun setelah foto selesai dicetak, barulah setiap detail dari hasil jepretan bisa kita lihat, bahkan resolusinya 5x lebih tajam daripada mata manusia.




Share this :