FANCAM , SATU HAL YANG TIDAK DAPAT DIPISAHKAN DARI SANG IDOLA

Diposting oleh Paling cerdas on Minggu, 24 Juni 2012






Segala sesuatu yang berhubungan dengan entertainment tidak dapat terlepas dengan "FanCam" begitu pula dengan Idol Grup, di manapun sang idola sedang manggung/show disitu pun pasti ada "FanCam" yang siap mengabadikan setiap kejadian yang berhubungan dengan Idol Grup kesayangannya.

Mungkin ada yang belum tahu "apa sih FanCam itu?"
FanCam adalah bentuk apresiasi tersendiri antara Fans dan Idolanya yang ditunjukan dengan cara merekam aktivitas sang Idola pada satu waktu (kalau tiap waktu namanya Paparazzi) dengan menggunakan peralatan pribadi dan bersifat Independent , mengapa saya sebut apresiasi? bayangkan saja bahkan di acara yang On-Air (tampil di layar kaca) sekalipun, FanCam masi saja ada di sudut-sudut keramaian yang siap merekam segala tingkah laku idola nya. Salut .

FanCam memang tidak harus hanya sebagai koleksi pribadi, bahkan FanCam pun dapat menjadi sarana media yang akhirnya dapat membuat orang lain awam yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, dan membuat yang hanya sekedar tahu menjadi lebih tahu. Jujur saja saya sangat sangat memuji FanCam ini, bahkan saya cenderung lebih puas dengan hasil 'shot' FanCam daripada media TV itu sendiri.

Keuntungan yang saya dapatkan dari hasil karya yang bernama FanCam adalah :

PERTAMA

FanCam sudah pasti lebih fokus pada satu objek utama (yaitu Idolanya), sehingga saat kita menonton, kita memang diajak untuk benar-benar menikmati penampilan idola kita. Tidak mungkin seorang FanCam yang sedang merekam Idolanya namun di tengah-tengah rekaman dia malah merekam objek lain (kalaupun ia, itu mungkin hanya sekedar Intermezo yang perbandingannya adalah 5% objek lain : 90% objek utama), bandingkan dengan hasil 'shot' media TV, walaupun memang sang Camera-man TV di tuntut untuk merekam segala keunikan yang terjadi di tempat tersebut, namun tetap saja objek utama harus tetap dijadikan prioritas, bukan malah akhirnya menjadi 50% objek lain : 50% objek utama , toh penonton yang rela menunggu Idola mereka tampil di TV pastilah hanya ingin melihat Idola mereka, bukan yang lainnya.
Sebagai contoh yang telah dihasilkan Camera-man TV tercinta kita, yang  menurut saya cukup fatal adalah pada saat JKT48 perform pada penampilan berikut.



What the hell . bahkan menurut saya ini bisa dibilang 60% objek lain : 40% objek utama, kalau boleh saya katakan ini bukan penampilan JKT48, namun lebih tepatnya penampilah JKT48 feat PEMAIN MUSIKnya. Bagaimana mungkin sang objek lain bisa lebih dominan di "shot" dibanding objek utamanya? kalau ada yang bilang   "ini kan wajar karena di tonton semua orang, jadi memang tuntutan TV seperti itu" .. ya saya tahu tapi TIDAK gini-gini juga kali.. toh bagaimanapun objek utama harus selalu dominan kan? *cuman bisa geleng-geleng kepala*

Maka dari itu saya lebih menghargai bentuk karya dari FanCam, tidak peduli hasil rekamannya jelek, kabur, atau malah bahkan lebih bagus kualitasnya dari media TV, saya sangat-sangat menghargai hal tersebut.
tidak heran bila saya sehabis menonton perform Idola saya di layar kaca, saya lalu masuk ke situs youtube untuk menontonnya sekali lagi "Namun" dengan tambahan tag [Fancam] didepannya. Good Job Bro.


KEDUA

Hal yang paling saya sukai dari FanCam adalah karena kita dapat melihat adegan/kejadian yang tidak dapat kita lihat dilayar kaca, seperti saat Idola kita baru masuk panggung dan saling menyapa dengan para Fans, atau saat Idola sudah selesai manggung dan akan beranjak pulang, atau malah saat Idola kita sedang latihan sebelum manggung (atau sering disebut gladi bersih/kotor/resik). Karena memang TV media hampir tidak mungkin mengambil adegan-adegan tersebut yaa karena memang dikejar durasi dan saya sangat memaklumi itu.





KETIGA

Hasil karya FanCam juga dapat menjadi penolong disaat Idola kesayangan kita sedang show dalam acara Off-Air (tidak tampil di layar kaca) sehingga kita sebagai fans yang pada saat itu tidak dapat menghadiri acara Off-Air tersebut (karena terkendala waktu, jarak, atau mungkin uang) maka FanCam adalah pilihan yang sangat bijak agar kita dapat tetap melihat Idol Grup kesayangan kita beraksi di atas panggung.
Sebagai contoh pada saat JKT48 show Off-Air pada satu acara privat gathering yang dihadiri kebanyakan orang Jepang di sebuah hotel berbintang di Jakarta.


(nb: ada yang bisa bantu translate apa yg dikatakan orang jepang tsb pada menit-menit terakhir?)


KEEMPAT

Yang membuat saya sangat suka dengan FanCam, karena ada 1 keunikan tersendiri yang tidak dimiliki media TV saat merekam , yaitu FanCam juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk melihat "The Real Situation" saat Idol kita tampil di panggung.
Dengan menonton dari hasil karya FanCam saya bisa tahu kalau yang nge-chant di TKP (tempat kejadian perkara atau tempat manggung sang Idola) seberapa meriah, dan kadang saya bisa mendengar percakapan para Fans disela-sela menonton Idola mereka. Saya juga akhirnya dapat mendengar sound system di TKP yang "sebenarnya" seberapa kuat atau mungkin seberapa parah (yang sering nge-live di 100% ampuh pasti tahu) , yaa semua berkat FanCam yang memang benar-benar murni hasil karya seorang Fans terhadap Idolanya.

KELIMA

FanCam juga kadang dijadikan sarana untuk kita yang ingin menonton secara "FOKUS" pada satu member saja, bukan berarti kita tidak suka dengan member lainnya, tapi adakala nya kita ingin fokus hanya melihat member kita menyanyi dan menari dari awal sampai akhir.
tapi tidak semua FanCam dapat menghadirkan ini, karena tentu saja cara merekam seperti ini agak lebih ribet dibanding cara merekam biasa , karena kamera kita harus terus mengikuti dan memantau tiap gerak sang objek (member) tersebut.
Contoh Fancam yang fokus pada satu member adalah seperti ini :


Tentunya dengan cara seperti ini sang fans akan lebih puas melihat member kesayangannya dari awal sampai akhir. Right?



KEENAM

Untuk kalian yang senang menonton perform Idola kalian dengan hanya fokus pada satu sudut (misal sudut depan , samping kiri, samping kanan) maka FanCam adalah pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan kalian. Ya karena disamping FanCam yang hanya diam di satu titik, FanCam pada suatu event kan tersebar di berbagai sudur penonton dan tidak hanya satu atau dua orang, jadi kalian dapat melihat berbagai referensi berbeda pada satu konser saja.



----




Memang untuk menghasilkan karya FanCam tidaklah mudah, disamping kalian harus punya alat untuk merekam (kamera) kalian juga harus stay di TKP tempat idola kalian akan manggung, yang artinya kalian harus siap mengkuti jadwal mereka dimanapun dan kapanpun.
Saya pernah coba-coba merekam perform JKT48 pada saat pertama kali manggung di Fx, dan memang tidak semudah yang saya bayangkan, karena selain tangan kita tidak boleh banyak bergerak, tangan kita juga jadi kram dan pegal (itu yang saya rasakan saat merekam dengan kamera SLR)
FanCam pun dituntut untuk dapat membaca celah, sehingga dapat menghasilkan moment unik yang tidak dapat disaksikan di layar kaca.



Sekian untuk artikel kali ini.





Share this :