Daftar Artikel Menarik

MIsteri dibalik sepenggal lirik dari lagu the beatles berbunyi "Jai Guru Deva Om"

Diposting oleh Sandi Asyuri on Selasa, 27 Oktober 2015

Mungkin bagi anda yang gemar mendengarkan lagu-lagu dari The Beatles, tahu lagu mereka yang berjudul ‘Across From Universe’ yang memilki arti ‘lintas alam semesta’ ,namun jika diperhatikan lagi liriknya, ada lirik yang asing bagi kita yang berbunyi ‘Possesing and caressing me, Jai Guru Deva Om’ .nah kata yang di tebalkan tadi bukanlah bahasa dari negara manapun. 

Ada sumber yang mengatakan bahwa kata tersebut adalah bahasa sanskerta frase yang memilki arti secara harfiah ‘Penggerak Kemuliaan yang bersinar di kegelapan’ ada juga yang mengatakan  ‘kemenangan bagi tuhan Allah’ dan ada juga yang menyebut arti kata tersebut adalah ‘(Jai Guru Deva) Salam untuk guru ilahi, (Om) Suara alam semesta’.


The beatles kental akan sosok John lennon (vokalis), dia adalah nyawa the beatles. Mencetak beberapa hits the beatles,dia tidak hanya sukses dalam bandnya namun juga solo, mencetak beberapa hits seperti Imagine, yang menjadi salah satu himne lagu perdamaian dunia, ada juga lagu A hard days night yang dia nyanyikan bersama The beatles, lirik nya yang menggambarkan pekerja keras dari kalangan bawah. Namun john lennon sendiri memilki banyak ke misteriusan, salah satunya agama yang di anut oleh pentolan grup band The beatles ini. 

Banyak ke simpang siuran pendapat atas hal ini, beberapa orang mengatakan Lennon adalah seorang Ateis (orang yang tidak percaya akan adanya tuhan), ada juga yang mengatakan kalo dia adalah seoang satanis (penyembah setan). Bahkan dalam statemenya dia pernah mengatakan   ‘Anak bayi yang baru lahir akan mengenal the beatles terlebih dahulu dari pada tuhannya sendiri’ ,kalimat seolah-olah lennon mengesampingkan sosok tuhan.


Kembali ke sepenggal lirik ‘Across From Universe’ yang berbunyi ‘Jai Guru Deva Om’, apakah arti dari penggalan lirik ini yang sebenarnya? , adakah makna tertentu dalam sepenggal lirik tersebut? , masih menjadi sebuah misteri, karena meskipun secara harfiah memilki arti yang sebenarnya. Namun masih ada perdebatan tentang misteri sepenggal lirik ‘Jai Guru Deva Om’ ,di balik kisah dari john lennon. Tentu tergantung dari sudut pandang mana anda melihatnya.
Share this :