7 Pulau Ini Penghuninya Bukan Manusia

Diposting oleh Paling cerdas on Kamis, 02 April 2015

7 Pulau Ini Penghuninya Bukan Manusia

7 Pulau Ini Penghuninya Bukan Manusia - Jutaan pulau baik kecil ataupun besar tersebar di berbagai belahan dunia ini. Biasanya beberapa penghuni pulau yaitu manusia, entah itu manusia moderen atau suku pedalaman.

Tetapi ada beberapa pulau yang penduduknya umumnya bukanlah manusia. Apa sajakah itu?

1. Okunoshima Island 

7 Pulau Ini Penghuninya Bukan Manusia

Disebut juga sebagai Usagi Jima atau Pulau Kelinci. Pada Perang Dunia Ke dua, pulau ini jadikan juga sebagai basis militer untuk pengembangan racun kimia dan senjata biologis yang lain. Termasuk juga sebagai tempat pembuangan limbah kimia.
Selama 16 tahun, militer Jepang memakai pulau ini untuk membuahkan kiloton gas yang mematikan. Serta hadirnya kelinci di pulau ini awalnya yaitu juga sebagai bahan percobaan uji kimia.

Pada 1971, sekelompok anak sekolah melepas delapan kelinci di pulau ini. Tak disangka, beberapa tahun kemudian kelinci itu berkembang biak sampai meraih sekitar lebih 300 ekor.

2. Sable Island 

7 Pulau Ini Penghuninya Bukan Manusia

Terletak sekitar 100 mil dari Nova Scotia (Skotlandia baru), yang merupakan sebuah provinsi Kanada di samping pesisir timur. Pemerintah setempat mengambil keputusan Pulau Sable juga sebagai taman nasional. Pulau ini populer karena banyak bangkai kapal serta kuda liar.

Mulai sejak 1583, sudah terdaftar kurang lebih 350 kapal karam di laut dekat pulau ini. Sementara jumlah kuda liar diprediksikan mencapai 400-an ekor.

3. La Isla de las Munecas 

7 Pulau Ini Penghuninya Bukan Manusia

Di kenal sebagai The Island of the Dolls (pulau boneka), yang terletak di Kanal Xochimico, dekat Mexico City. Konon, ada suatu kuil yang didedikasikan untuk seorang gadis kecil yang wafat secara misterius di Kanal.

Awalnya, pulau ini ditempati oleh Don Julian Santana, yang mengambil keputusan menyendiri untuk meninggalkan beberapa hal yang berbau duniawi. Tetapi selama menyendiri, Santana dihantui oleh arwah gadis cilik.

Untuk menenangkan arwah yang mengganggunya, Santana juga menggantungkan boneka di berbagai tempat. Pada 17 April 2001, Santana ditemukan tewas dengan cara misterius oleh keponakannya sendiri, ditempat arwah bocah yang mengganggunya dulu tewas tenggelam.

4. Ilha de Queimada Grande 

7 Pulau Ini Penghuninya Bukan Manusia

Terletak 90 Km dari kota Sao Paulo, Brasil, serta terkenal juga sebagai Pulau Ular. Diprediksikan ada lebih dari 5. 000 ekor ular di pulau seluas 106 hektare itu. Salah satu ular paling berbisa yang paling mematikan, The Golden Lancehead Viper (Bothrops insularis), adalah penghuni pulau ini.

5. Natal Island
7 Pulau Ini Penghuninya Bukan Manusia

Ada di lokasi sisi Australia yang terletak di Samudera Hindia, tepatnya di barat daya pulau Jawa. Pulau ini ditemukan pada 1643, dengan luas 135 km. persegi. Sebanyak 63 % dari pulau ini yaitu taman nasional yang dilindungi Australia, serta jadi ekosistem rimba yang prima untuk kepiting merah.

6. Tashirojima Island 

7 Pulau Ini Penghuninya Bukan Manusia

Di kenal sebagai Pulau Kucing, yang terletak di dekat Ishinomaki – Prefektur Miyagi. Pulau ini dikuasai oleh beberapa ratus ekor kucing.

Awalnya, kucing dipelihara untuk mengusir tikus dari peternakan. Tetapi saat peternakan banyak yang ditutup, beberapa besar masyarakat meninggalkan pulau itu. Tetapi populasi kucing makin berkembang.

7. Pulau Komodo 
7 Pulau Ini Penghuninya Bukan Manusia

Terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, Indonesia. Di Pulau ini, komodo berkembang biak dengan baik. Sampai Agustus 2009, ada kurang lebih 1. 300 ekor komodo. Bila ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca serta dan Gili Motang, jumlah komodo keseluruhannya mencapai sekitar 2500 ekor.

Diluar itu, ada sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul, di daratan Pulau Flores, yg tidak termasuk lokasi Taman Nasional Komodo.

Seru kan? Kapan ya dapat berkunjung ke salah satu pulau itu?
Share this :